Apa Itu SOP?


Untuk Anda yang mungkin sering bekerja di perusahaan tentu pernah mendengar dan mungkin sudah faham betul tentang apa itu SOP. Iya SOP atau standar operasional prosedur merupakan dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang berkaitan dengan langkah atau tata cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan adanya SOP diharapkan pekerja lebih terarah dalam menggarap pekerjaannya sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Pada umumnya isi daripada SOP meliputi manfaat, tanggal pembuatan atau tangga revisi, penulisan prosedur, dan juga dilengkapi berbagai tata cara yang harus dilakukan untuk mengerjakan suatu pekerjaan baik berbentuk uaraian maupun flowchart atau bagan. SOP merupakan perangkat yang tentunya sangat penting untuk menunjang suatu pekerjaan.
Perusahaan-perusahaan besar yang banyak meraih kesuksesan tentunya tidak lepas dari adanya penyusunan SOP yang terbaik. Iya setiap pekerja di perusahaan tentunya memerlukan panduan yang berupa SOP dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sebab SOP sendiri memang merupakan sebuah sistem yang disusun guna memudahkan serta menertibkan pekerja dalam menjalankan tugasnya.
Pada umumnya SOP berisi tentang informasi maupun tahapan-tahapan perkejaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Tujuan dibuatnya SOP tidak lain adalah untuk menjelaskan perincian ataupun standar yang ditetapkan tentang aktifitas pekerjaan yang berulang-ulang dilaksanakan dalah sebuah perusahaan. Lalu bagaimana sih SOP yang baik itu? SOP yang baik tentunya adalah SOP yang dapat menjadikan arus kerja yang baik, dapat menjadi panduan bagi karyawan yang baru, mampu merealisasikan pekerjaan dengan efektif dan efisien baik melalui waktu maupun biaya. Adanya SOP juga memudahkan dalam melakukan pengawasan serta dapat membantu terciptanya koordinasi yang baik antar satu bagian dengan bagian yang lain dalam sebuah perusahaan.
Tak hanya itu, dibuatnya SOP tentunya juga memiliki banyak sekali tujuan yang diantaranya sebagai berikut:
•    SOP dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu untuk sesama pekerja maupun supervisor.
•    SOP juga memungkinkan untuk menjaga konsistensi tingkat kinerja atau kondisi tertentu serta arah petugas dan lingkungan dalam menjalankan tugas-tugas atau pekerjaan tertentu.
•    Dengan adanya SOP, maka kegagalan atau kesalahan, keraguan, serta duplikasi dan pemborosan dana pun dapat diminimalisir.
•    SOP dapat dijadikan sebagai parameter guna menilai mutu pelayanan.
•    SOP adalah dokumen yang dijadikan sebagai penjelasan alur tugas, serta wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing pekerja yang terkait.
•    Adanya SOP juga dapat menjamin tentang penggunaan tenaga kerja dan juga sumberdaya dengan lebih efektif dan efisien.
•    SOP juga merupakan sebuah dokumen yang dapat menjelaskan serta menilai pelaksanaan proses kerja apabila nanti terjadi suatu kesalahan atau dugaan mal prakter atau kesalahan administratif.
•    SOP juga memiliki peran sebagai dokumen yang dapat digunakan untuk pelatihan.
•    Sebagai bentuk dokumen sejarah atau sebagai bahan evaluasi ketika akan membuat SOP yang baru.
Pada intinya SOP merupakan sebuah dokumen yang memiliki peranan penting dalam mensukseskan sebuah pekerjaan. Pasalnya memang peran SOP sendiri sangatlah kompleks mulai dari untuk memberikan arahan, sebagai pedoman, hingga sebagai komponen yang nantinya sebagai pengalaman atau pijakan dalam menyusun SOP atau tata cara kerja berikutnya yang lebih baik.
Nah bagaimana sob, sekarang sudah tau kan apa itu SOP? Yang jelas SOP pada umumnya berbentuk sebuah dokumen yang mana di dalamnya memuat tentang informasi atau tata cara menyelesaikan sebuah pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Pada umumnya SOP sendiri juga dijadikan pedoman oleh pekerja dalam menjalankan tugas-tugasnya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
MarinaOl
AUTHOR
28 Oktober 2019 05.52 delete

I have a partnership offer ... contact me

Reply
avatar