Tips Mudah Liburan ke Biak, Papua




Source: pixabay.com

Miris jika kita lebih banyak berlibur ke luar negeri dan tahu segala halnya tapi belum mengenal dan menjelajah kota-kota di Indonesia. Salah satunya Biak, pulau kecil yang berada di sebelah utara pesisir Provinsi Papua. Salah satu alasan mengapa wisatawan enggan berlibur ke daerah timur Indonesia karena ada anggapan bahwa akses transportasi masih susah dan biaya pesawat mahal. Ada tiga maskapai yang menyediakan penerbangan ke Biak. Rata-rata harga tiket pesawat menuju Biak, contohnya dari Jakarta berkisar Rp2.000.000. Namun, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan cek kategori pada tiket.com pesawat promo.

Biak ‘Bila Ingat Akan Kembali’ itulah singkatan yang diberikan masyarakat lokal untuk warganya. Singkatan ini bak doa yang terkabul! Setiap pelancong yang telah datang ke Biak, pasti selalu ingat dan mereka datang kembali untuk berlibur.

Jika berencana liburan ke Biak, berikut ini tips mudah yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

1.      Miliki Waktu yang Panjang
Minimal kamu harus memiliki waktu satu minggu untuk berlibur ke Biak.  Pertama karena perjalanan dengan pesawat ke Biak saja sudah lama kira-kira 4,5 jam. Namun karena perbedaan waktu akan menambah hingga beberapa jam. Misalkan saja kamu pergi jam 9 malam maka di Biak akan tiba jam 5 pagi. Belum lagi objek-objek wisata di Biak memiliki jarak yang cukup jauh satu sama lainnya. Sehingga akan menghabiskan waktu.

2.  Jeli dalam Memesan dan Memilih Transportasi
Selain menggunakan pesawat, alternatif lainnya kamu bisa menggunakan kapal Pelni. Namun, jika kamu lebih mengutamakan efisiensi waktu dan kenyamanan lebih baik pilihlah pesawat. Rata-rata harga tiket ke Biak dari Jakarta berkisar Rp2.000.000,-  hingga Rp3.000.000 an.  Terus pantau kategori dan website yang ada di tiket.com pesawat promo, kamu bisa mendapatkan potongan dari metode pemabayaran  yang dipilih ataupun secara cuma-cuma.

Selain itu, saat kamu memesan penerbangan pesawat domestik ataupun internasional biasakanlah untuk melakukan pemesanan minimal 14 minggu sebelum keberangkatan, untuk mendapatkan harga lebih murah. Jika kamu ingin mendapatkan harga murah selain mencari melalui tiket.com pesawat promo dapat juga menggunakan trik pemesanan kombinasi hari misalkan: Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu- Rabu lakukan pemesanan tiket pesawat pulang dan pergi.

3. Sediakan Dana Liburan ‘Berisi’ ke Biak
Tak bisa dipungkiri mulai dari biaya transportasi menuju Biak dan dalam pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kurang lebih dana yang harus kamu miliki Rp8.000.000,- dalam waktu tiga hari dua malam. Untuk tiket pesawat yang paling murah jika dilihat di reservasi tiket Sriwijaya yakni Rp.2.038.000,- dalam satu kali pergi. Belum lagi kamu harus menyiapkan transportasi di Biak.

Jika menyewa kendaraan per hari tanpa supir kurang lebih yakni Rp.500.000,- sedangkan dengan supir harus menambah Rp300.000 hingga Rp.500.000. Atau jika kamu punya stamina yang bagus untuk naik turun angkutan umum, kamu bisa menggunakan ojek dengan biaya jarak dekat Rp.10.000. Hal tersebut terlihat murah tetapi di lapangan kamu bisa mengeluarkan Rp100.000 hanya ke dua objek wisata yakni dari Goa Binsari ke Taman Burung dan Anggrek. Sedangkan naik angkot lebih murah yakni Rp3.000,- tetapi kamu harus naik berapa kali untuk tiba di tempat wisata dan waktunya pun cenderung lama. 

4. Tentukan Destinasi Liburan Sebelum Berangkat
Setelah memilih reservasi tiket Sriwijaya, saatnya kamu membuat rencana perjalanan. Sebaiknya, jika baru bepergian ke suatu kota atau negara buatlah rencana perjalanan dengan rincian, di antaranya:  destinasi wisata yang akan dituju, biaya yang dibutuhkan di tempat wisata, dan apa saja yang harus di bawa saat ke objek wisata tersebut.

Saat ke Biak, mulailah untuk menjelajahi ke arah timur Biak. Kamu akan menjumpai Monumen Perang Dunia II, saat datang ke tempat ini biasanya para wisatawan akan didatangi oknum yang meminta uang tiket masuk Rp35.000. Dari Monumen, kamu bisa melanjutkan ke Taman Burung dan Anggrek hingga menikmati keindahan alam di Pantai Bosnik, jika menggunakan ojek dari Kota Biak kamu harus mengeluarkan Rp40.000 hingga Rp50.000 sekali jalan untuk jarak 15 kilometer. Sedangkan Biak Utara, kamu bisa memulainya dengan Air Terjun Wafsarak, Pantai Wari, dan yang fenomenal berenang dalam gua di Kolam Biru.

5. Pesan Hotel Sekaligus Sebelum Berangkat
Dengan membuat rencana perjalanan memudahkan kamu untuk menentukan lokasi penginapan. Jika akan menjelajah Biak Timur dan Utara berarti kamu harus memilih dua hotel di tempat itu. Hotel di Biak rata-rata mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah. Dari pada memakan waktu mencari hotel setelah tiba di Biak lebih baik reservasi hotel bersamaa saat booking pesawat.

Itulah tips mudah yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat ke Biak. Selamat memupuk rindu saat pulang dari Biak nanti.
Previous
Next Post »