Penyebab Bronkitis Yang Harus Kamu Hindari

Kamu perlu mengetahui penyebab bronkitis agar bisa menghindarinya. Salah satu penyebabnya adalah karena virus yang menyerang tubuh akibat daya tahan tubuh menurun. Kemudian, virus itu masuk ke saluran pernapasan dan menginveksi saluran bronkus yang merupakan serangkan dari sistem pernapasan.
Penyakit bronkitis adalah suatu peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bronkus, yakni saluran udara pada paru-paru. Umumnya, penyakit ini tergolong ringan dan bisa sembuh setelah diobati. Namun, jika tidak diobati gangguan pernapasan ini akan semakin parah dan datang berulang kali dalam setahun. Daripada mengobati, sebaiknya mencegah penyakit ini masuk ke dalam tubuh dengan menghadang penyebabnya.
foto:merdeka.com

Inilah penyebab bronkitis
Serangan bronkitis dapat berulang dan trejadi pada perokok, penderita sakit infeksi paru-paru dan saluran pernapasan. Berikut beberapa penyebab bronkitis :
•    Alergi
•    Bronkiektasis
•    Pembesaran amandel dan adenoid pada anak
•    Sinusitis kronis
Penyebab bronkitis iritatif
•    Berbagai macam debu
•    Amonia, asap dari asam kuat, klorin, bebarapa jenis pelarut organik, hidrogen sulfida serta bromin.
•    Polusi udara yang mengakibatkan terjadinya iritasi ozon dan nitrogen dioksida.
•    Tembakau dan jenis bahan rokok lainnya.
Bronkitis akut pada umumnya muncul disebabkan oleh infeksi virus penyebab flu atau pilek. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh karena terhirup saat bernapas. Virus ini berada pada jutaan tetes kecil yang keluar dari mulut atau hidung ketika sedang batuk atau bersin. Virus penyebab bronkitis ini dapat bertahan pada permukaan benda apa saja selama 1 hari.
Siapapun yang menyentuh permukaan benda yang terinfeksi virus tersebut dan langsung meletakkan tangannya ke mulut maka, dengan mudah virus tersebut mempengaruhi tubuh. Tak hanya virus, tapi infeksi bronkitis juga disebabkan oleh bakteri. Penyebab bronkitis kronis yang utama adalah kebiasaan merokok, baik pasif maupun aktif.
Orang-orang yang merokok atau tinggal bersama perokok aktif memiliki resiko tinggi terkena penyakit bronkitis. Selain itu, juga bisa diakibatkan oleh lingkungan kerja yang dengan udara tercemar atau tidak sehat yang biasa disebut bronkitis okupasi. Serat kain, serpihan debu, klorin dan amonialah yang dapat memicu bronkitis muncul.
Bagi kamu yang sudah tahu tempat kerjanya mengandung bahan-bahan yang tidak sehat, sebaiknya selalu jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Caranya, dengan berolahraga setiap hari dan mengkonsumsi makanan sehat. Kalau tubuhmu mempunyai daya tahan tubuh kuat, maka bisa melawat virus yang datang. 

Previous
Next Post »