Manasik Umroh Lengkap

Manasik umroh lengkap adalah suatu peragaan pelaksanaan ibadah umroh sesuai dengan rukunnya. Biasanya terdapt Ka’bah tiruan untuk mempermudah pengajaran kepada para calon jamaah umroh. Manasik dilakukan sebagai langkah persiapan sebelum berangkat ibadah umroh ke tanah suci. Setiap agen perjalanan haji dan umroh umumnya mengadakan kegiatan ini. 

Sehingga, semua calon jamaah menjadi tahu dan bisa menunaikan ibadah umroh dengan tertib, benar dan khusuk. Manasik ini bertujuan agar para jamaah mendapatkan umroh yang mabrur serta tidak memiliki kesulitan dalam melaksanakannya. Peserta manasik akan diberikan tuntunan mulai dari niat umroh hingga tahallul beserta do’a-do’anya. Berikut rangkaian aktivitas yang ada di dalam manasik umroh diantaranya : 
foto:menatahidup.com

Niat dan tata cara mengenakan ihram
Pakaian ihrom bagi pria terdiri dari 2 potong kain yang tidak berjahit. Sedangkan bagi wanita, pakaian ihrom berjahit. Dalam manasih umroh lengkap kamu diberitahu larangan ketika memakai pakaian ihrom dan juga sunah-sunah yang diperbolehkan. Sehingga, saat waktunya umroh tiba, setiap orang siap dan bisa memakainya sendiri dengan benar. 

Pelaksanaan Tawaf dan Sai
Setelah diajarkan bagaimana niat umroh dan pemakaian ihrom, peserta akan diajari bagaimana thawaf dan sai yang tepat. Thawaf dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Sedangkan Sai merupakan lari-lari kecil dari bukit shafa ke bukit marwa. Sai berarti napak tilas perjuangan yang dilakukan oleh Siti Hajar ketika ditinggal oleh Nabi Ibrahim di tengah-tengah padang pasir tanpa bekal apapun. 

Pada suatu ketika, Nabi Ismail kehausan dan Ia menangis, maka berlarilah Siti Hajar mencari air. Namun, Siti Hajar tetap mengingat perintah Nabi Ibrahim agar tidak pergi dari kompleks Masjidil Haram. Untuk itu, Siti Hajar hanya berlari-lari kecil antara bulit Shafa dan Marwa. Lalu, di puncak kehausannya Nabi Ismail menginjakkan kakinya ke tanah dan seketika muncullah sumber air yang kemudian di kenal sebagai sumur Zamzam. 

Dari kisah tersebut bisa diketahui bahwa makna Sai adalah bahwa seorang mukmin yang baik seharusnya tidak akan meninggalkan batasan Allah, meski sedang kesulitan sekalipun. Pada manasik umroh lengkap ini Anda akan diberi tahu diperagakan mana letak shafa atau mulainya sai dan bukit Marwa yakni tempat berakhirnya sai. Karena Insya Allah akan mendapatkan pertolongan secepatnya.
Setelah menjalankan manasik umroh lengkap itu, setiap peserta diwajibkan untuk vaksin meningiti dan flu yang memang diperintahkan oleh pemerintah Arab Saudi.
Previous
Next Post »