Jenis-Jenis Penyakit Kulit Pada Anak

Menemukan benjolan, ruam, tanda merah, atau bilur pada tubuh anak terkadang membuat kita khawatir. Penyakit kulit pada anak bisa mengganggu aktivitas hariannya dan membuat dia tidak seriang biasanya. Untuk mengobatinya, ibu harus mengetahui jenis penyakit kulit apa yang diderita oleh anaknya. Sehingga, bisa menyembuhkannya dengan obat yang tepat dan cepat. Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh anak-anak :
foto:tipsanakbayi.org

Kurap
Penyebab kurap adalah jamur yang menginfeksi kulit dan menyebabkan bersisik dan menebal berwarna merah bergelombang di daerah yang terinfeksi. Penyakit kulit pada anak ini cepat menular dan dapat menyebar melalui kontak langsung dengan daerah yang terinfeksi. Umumnya, pengobatan dapat dilakukan dengan menerapkan krim antijamur ke daerah untuk jangka waktu sampai infeksi sembuh.
Cacar air
Cacar merupakan infeksi kulit yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Namun, kini sudah jarang karena adanya program vaksinasi yang dicanakan oleh pemerintah. Jika terinfeksi varicella, virus penyebab cacar air, umumnya tubuh dimulai dengan demam disertai gejala dingin dan ruam. Ruam ini sangat gatal dan bintik-bintik yang berlangsung sedikit lebih dari seminggu. Penyakit kulit pada anak ini secara aktif yang menular ke seluruh tubuh.
Impertigo
Impertigo merupakan suatu peradangan pada kulit akibat terinfeksi oleh bakteri streptococcus pyogenes. Gejalanya berupa bintik-bintik ruam merah dan melepuh yang berisi nanah atau koreng. Umumnya, penyakit kulit pada anak ini terjadi karena kurang menjaga kesehatan tubuh. Infeksi ini biasanya menyerang bagian wajah, tungkai dan lengan.
Impertigo bisa menular melalui kontak kulit dan benda-benda yang dipakai bersama. Menggaruk luka impertigo bisa mengakibatkan infeksi menyebar ke seluruh tubuh. Dokter akan memberikan antibiotik dalam bentuk pil atau salep untuk mengatasi penyakit kulit ini.
Roseola
Penyakit kulit pada anak selanjutnya adalah roseola yang sering diderita oleh anak usia 3 bulan – 3 tahun, terutama anak yang berusia 9 – 12 bulan. Gejala Roseola ditandai dengan demam yang tinggi sekitar 39⁰-40⁰ celsius, flu selama beberapa hari, muncul bercak-bercak kecil di punggung, lengan, wajah dan kaki. Bercak tersebut bagaikan bunga mawar sehingga disebut sebagai penyakit Roseola. Ketika Anak mengidapnya maka, nafsu makannya menurut dan nampak lemah lesu.
Untuk mengatasi penyakit kulit pada anak ini dengan pemberian antibiotik dan berikan ASI yang banyak. Alangkah baiknya obat yang diberikan sesuai resep dokter. 
Previous
Next Post »