Cara Mengatasi Diare Pada Anak Dengan Alami dan Cepat

Bagi masyarakat yang tinggalnya di pedesaan, cara mengatasi diare pada anak secara alami sangat berguna. Mereka lebih senang memanfaatkan bahan alami sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit dibandingkan dengan obat dokter. Diare membuat anak harus keluar masuk kamar mandi terus-menerus untuk buang air besar baik dalam bentuk cair maupun padat.
foto:teguhiw.me
Diare biasanya berlangsung selama beberapa hari dan bisa membuat tubuh si kecil lemah dan lesu. Karena anak Anda akan kehilangan banyak caira yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Diare pada anak, biasanya disebabkan oleh makanan, lingkungan yang tidak bersih dan lainnya. Masuknya kotoran dan bakteri ke dalam tubuh, bisa mengganggu saluran pencernaan yang menjadi penyebab diare anak.
Inilah cara mengatasi diare pada anak secara alami
Memberikan cairan oralit
Pemberian oralit mampu mengembalikan kondisi tubuh ketika sedang mengalami diare dan dianggap sebagai cara mengatasi diare pada anak yang efekif. Larutan ini berguna untuk memenuhi kadar cairan dalam tubuh. Membuat oralit sangatlah mudah, caranya siapkan air hangat sebanyak 200 ml, 2 sdt gula pasir, ½ sdt garam dapur. Lalur larutkan gula dan garam ke air hangat dan minumkanlah pada anak Anda.
Buah dan daun jambu biji muda
Salah satu cara mengatasi diare pada anak yang paling ampuh dengan memberikan daun jambu biji muda. Mintalah anak Anda untuk mengkonsumsinya secara langsung. Atau jika tidak bisa buatlah sebagai minuman.
Caranya siapkan daun jambu biji segar, bersihkan dan rebus menggunakan 3 gelas air putih. Biarkan mendidih dan tunggu sampai tersisa satu gelas air saja. Selanjutnya tuangkan ke gelas dan suruh anak Anda meminumnya. Selain itu, buah jambu biji mudah yang sebesar kelereng bisa juga sebagai obat diare pada anak. Berikan kepada anak Anda buahnya dan minta dia memakannya.
Ramuan kunyit
Sari kunyit juga dipercaya mampu mengatasi diare pada anak. Haluskan kunyi yang telah dibersihkan dan buatlah sari kunyit. Tambahkan sedikit gula supaya anak Anda suka dengan rasanya.
Itulah cara mengatasi diare pada anak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Biasanya setelah mengkonsumsi ramuan tersebut, diare langsung berhenti. Kalau diare tak kunjung sembuh, segeralah periksakan ke dokter. Mungkin saja terjadi penyebab yang serius dan memerlukan perawatan intensif. Kenali kondisi kesehatan Anda sedini mungkin untuk menghindari penyakit yang parah.
Previous
Next Post »