Pentingnya Manasik Umroh Sebagai Bekal Menjalankan Ibadah Ke Tanah Suci

Manasik merupakan salah satu hal yang penting, bertujuan untuk mendukung ibadah umroh yang mabrur dan bermanfaat bagi peserta. Manasih umroh adalah pembekalan tentang tata cara pelaksanaan ibadah umroh ke tanah suci. Pentingnya manasik umroh diadakan, sehingga para jamaah umroh bisa menunaikan ibadah umroh dengan yakin. 

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk mengikuti manasih yang Beliau lakukan, khusunya bagi jamaah yang belum tahu tentang manasik. Karena penting sekali, membuat penyedia jasa travel mengadakan manasik beberapa kali secara bertahap sebelum pemberangkatan umroh. Dengan begitu peserta umroh memiliki bekal yang cukup untuk menyempurnakan ibadahnya itu. 
foto:menatahidup.com

Manasik dapat Anda dapatkan dari para ulama, ustad atau yang lainnya. Tapi, yang paling tepat adalah mengikuti manasik yang telah disediakan penyedia travel umroh yang menaungi Anda. Untuk penyampaian manasik ini agar lebih mudah, biasanya menggunakan media. Bahkan banyak yang menyediakan tempat untuk mempraktikkan tata cara menjalankan umroh. Mengingat begitu pentingnya manasik umroh, membuat para pemuka agama bekerja extra agar jamaah memahami dan mengerti apa yang dijelaskan pada manasik.

Ingat manasik hanya sebagai dukungan saja, untuk kemabruran ibadah tergantung dari niat setiap individu yang menunaikannya. Manasik ini juga bertujuan untuk menyamakan visi dan misi para peserta umroh sebelum memasuki tanah suci baik sebagai tempat ibadah umroh. Persamaan visi dan misi ini nantinya bisa menghilangkan segara keraguan di hati jamaah dan membuat mereka mantap saat menjalankan ibadah umroh nantinya. 

Pentingnya manasik umroh ini tak lain membuat calon jamaah umroh memahami hukum ibadah umroh secara syar’i. Kunci keberhasilan menunaikan ibadah umroh adalah keyakinan diri pada janji Allah SWT yang memberiksan keistimewaan pada setiap umatnya. Manasik dapat berbentuk seperti pesantren kilat. Durasinya dibuat cepat, tapi isinya sangat mudah dimengerti oleh siapa saja. Pembekalan ini dilakukan secara intensif dan tertata sedemikian rumah agar benar-benar bermanfaat bagi calon jamaah.

Dengan kata lain, manasik ini dilakukan supaya para jamaah mampu mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan dengan benar dan tepat. Pentingnya manasik umroh ini menurut pakar dan penyelenggara umroh merupakan sebagai roh keberhasilan para jamaah ketika menunaikan ibadahnya di tanah suci. 

Namun, niatlah yang paling menentukan segalanya mencapai keberkahan dari Allah SWT. Jadi, mantapkanlah niat Anda dan jaga ketulusan hati. Berumrohlah hanya karena Allah semata.
Previous
Next Post »